JENIS PERALATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Peralatan teknologi komunikasi zaman dulu :
1.
Papyrus : kertas yang terbuat dari
daun tumbuhan papyrys yang digunakan untuk menulis
2.
Bereguh : alat komunikasi yang
terbuat dari tanduk kerbau yang digunakan dengan cara ditiup
3.
Kulkul : alat komunikasi yang
berbentuk seperti kentongan yang terbuat dari kayu yang berongga yang digunakan
dengan cara dipukul
4.
Dan beberapa alat tradisional yang
lain
Peralatan teknologi informasi dan komunikasi pada zama
modern semual dipisah menjadi dua: teknologi informasi dan teknologi kemunikasi
Teknologi informasi contoh
1.
computer : mesin serbaguna yang
dapat dikontrol oleh program, digunakan untuk mengolah data menjadi informasi
Teknologi komunikasi contoh
Surat kabar : alat komunikasi satu arah, yang hanya dapat
dibaca
Radio: alat komunikasi satu arah, yang hanya dapat didengar
Telepon : alat komunikasi dua arah, dapat bergantian komunikasi
Televisi : alat komunikasi satu arah, yang hanya dapat di
dengar dan dilihat
SEJARAH
PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Sejarah perkembangan teknologi komunikasi dibagi menjadi
1.
Periode sebelum masehi
a.
Periode sampai 3000 SM
Komunikasi
dengan menggunakan gambar didinding gua yang menceritakan tentang cara berburu,
bahasa digunakan dengn dengusan, isyarat, dan gerakan tangan
b.
Periode 3000 SM
3000
SM bangsa sumeria mengguakan tulisan sebagai alat komunikasi berupa
symbol-simbol (huruf piktograf)
2900
SM bangsa mesir kuno mengukan huruf hieroglif sebagai alat komunikasi
500
SM bagsa mesir kuno mengukana serat papyrus sebagai kertas untu menulis sebuah
tulisan
105
SM bangsa cina menggukan kertas dari serat bambu
2.
Periode setelah masehi
a.
Penemuan telegraf oleh Samuel Finley
Breese Morse 1837
b.
Telepon ditemukan Antonio Meucci
1874, dikembangkan Alexander Graham Bell 1876
c.
Radio, Guglielmo Marconi 1901 dengan
mengirimkan sinyal-sinyal kode telegraf melewati lautan Atlantik dengan
gelombang eletronagmetik
d.
Televisi ditemukan Paul Nipkow 18883
e.
Dan beberapa penemuan lain
Sejarah pengembangan computer:
5000
tahun yang lalu di Asia ada alat “abacus “ digunakan sebagai alat hitung
1642
Blaise Pascal menanukan kalkulator “Pascaline”, melakukan operasi penjumlahan
1694
Gottfred Wilhem von Leibniz menemukan alat hitung penjumlahan dan perkalian
1820
kalkulator mekanik “Arithometer” oleh Charles Xavier Thomas de Colmar,
alat ini mampu melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan
pembagian
Cikal
bakal computer : penemuan mesin hitung “difference engine” oleh Charles Babbage
1822
Dan
ada beberapa penemuan berikutnya
Pengembangan computer berdasar generasi:
1.
Generasi pertama (1946-1959)
Ciri
:
Menggunakan
tabung hampa pd sirkuitnya
Program
hanya dibuat dengan bahasa mesin
Ukuran
fisik sangat besar dan memerlukan tempat luas
Capat
panas, perlu mesin pendingin
Proses
lambat
Kapasitas
sedikit
Butuh
data listrik besar
Aplikasi
terbatas
Contoh
: ENIAC, Hardvard Mark II, IBM Selective Electronic Calculator, EDSAC, Hardvard
Mark III, ACE, SEC, UNIVAC
2.
Generasi kedua (1959-1964)
Ciri:
Menggunakan
trasnsistor pada sirkuitnya
Ukuran
fisik lebih kecil
Menggukana
program bahasa tingkat tinggi : FORTRON, COBOL, ALGOL
Kapasitsa
memori cukup besar
Menggukana
simpanan luar magnetic disk
Mempunyai
kemampuan realtime dan time sharing
Proses
operasi lebih cepat
Membutuhkan
daya lebih kecil
Aplikasi
lebih luas
Contoh:
PDP-1, PDP-8, UNIVAC III, UNIVAC SS80, UNIVAC 1107, Burroghts 200, IBM 7070,
IBM 7080, IBM 1400
3.
Generasi ketiga (1964-1970)
Ciri
:
Menggunakan
IC ( Integrated Circuit)
Peningkatan
software
Proses
pengolahan data lebih cepat dan akurat
Mempunyai
kapasitas memory lebih besar
Mengguakan
penyimpan luar
Daya
listrik lebih hemat
Menggunakan
multi processing
Menggunakan
visual display terminal, mampu menampilkan gambar dan grafik
Harga
murah
Dapat
berkomunikasi antar komputer
Contoh
: IBM s/360, NOVA, UNIVAC 1108, UNIVA 9000, NCR, GE 600. GE 235, CDC 3000, CDC
6000
4.
Generasi keempat (1979-sekarang)
Ciri
:
Berukuran
lebih kecil
Harga
relative murah
Mecul
PC (personal computer)
Terdapat
aplikasi yang semakin lengkap
Menggunakan
VLSIC (Very Large Scale Integrated Circuit)
Menggunakan
chip yang bernama microprocessor
Contoh
: mikro altari MITS, Cray-I, Apple II, Radio Shack, Commodore, Desktop computer
Xerox, IBM PC/XT, IBM PC/AT, Machintosh, IBM PS/2, IBM PC/386, IBM PC/486,
Pentium, AMD KD 36
5.
Generasi kelima
Dalam
pengembangan oleh Negara Jepang
Mengunakan
VLSI (Very Large Scale Interation)
PEMANFAATAN
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Contoh penerapan dibidang :
Perusahaan
: ERP (Enterprise Resource Planning)
Bisnis
: E-Commerce
Perbankan
: E-Banking
Pendidikan
: E-Learning
Kesehatan
: Smart Card
DAMPAK
PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Cybercrime : kejahantan atau tindakana yang melawan hokum
yang dilakukan oleh seseorang dengan mengguanakan sarana computer
Aktivitas kejahatan dalam jaringan internet :
Hacking
: usaha memasuki sebuah jaringan dengan maksud mengekploitasi stau mencari
kelemahan system jaringan
Cracking
: usaha memasuki secara illegal sebuah jaringan dengan maksud mencari, mengubah
atau menghacurkan file atau data yang disimpan dalam computer pada suatu
jaringan
MENGAKTIFKAN
DAN MEMATIKAN KOMPUTER
Prosedur yang benar menghidupkan computer
1.
Menyalakan stabilizer
2.
Menyalakan power pada Chassing / CPU
3.
Menyalakan power pada monitor
4.
Menunggu computer loading system
operasi (missal Windows)
5.
Tunggu beberapa saat sampai keluar
tampilan desktop di monitor
Prosedur yang benar mematikan computer
1.
Klik tombol start
2.
Pilih shut down atau turn off
3.
Klik OK
4.
Tunggu beberapa saat sampai computer
mati
5.
Matikan tombol off pada monitor dan
stabilizer
PERANGKAT
KERAS KOMPUTER
Perangkat keras dibangi menjadi
1.
Perangkat masukan (input device)
a.
Keyboard
b.
Mouse
c.
Joystick
d.
Scanner
e.
Digital camera
f.
Microphone
g.
Webcam
2.
Perangkat proses (process device)
a.
Motherboard / Mainboard
b.
CPU / Microprocessor : ALU:
aritmetic logical unit, CU:control unit, MU:memory unit
3.
Perangkat simpan (storage device)
a.
Primary storage : ROM, RAM
b.
Secondary storage : harddisk,
disket, UFD, CD/DVD
4.
Perangkat keluaran (output device)
a.
Monitor
b.
Printer
5.
Perangkat tambahan (peripheral) : TV
turner, card reader, modem
PERANGKAT
LUNAK
Penggolongan perangkat lunak
1.
Sistem Operasi
a.
Basis teks (CLI: Command Line
Interface) : MS-DOS, UNIX
b.
Basis grafis (GUI:Graphic Unit
Interface) : Microsoft Windows, macintosh, Linux
2.
Program Utility
a.
File Viewer : ACDSee, Adobe Reader
b.
Sytem Utulity : program Scandisk,
hardware monitor, file compression, security program (antivirus, anti spyware,
firewall, password generator)
3.
Bahasa Pemprograman : FORTRAN,
COBOL. PASCAL, BASIC, C++, dsb…
4.
Program Aplikasi
a.
Program pengolah kata
b.
Program pengolah angka
c.
Program presentasi
d.
Program multimedia
e.
Program desain grafis
f.
Program publisher
g.
Program database
Komentar
Posting Komentar